Kamis, 03 Januari 2013

Massachusetts Dari Abad 19 Sampai Sekarang

Pada 1820, Maine dipisahkan dari Massachusetts, yang sudah terlebih dahulu menjadi bagian yang berdekatan dan kemudian non-contiguous, dan memasuki Uni sebagai negara ke-23 sebagai akibat dari ratifikasi Kompromi Missouri.

Selama abad ke-19, Massachusetts menjadi pemimpin nasional dalam Revolusi Industri di Amerika, dengan pabrik-pabrik tekstil di sekitar Boston memproduksi dan sepatu, dan pabrik-pabrik di sekitar Springfield memproduksi alat manufaktur presisi dan kertas. Ekonomi berubah dari satu didasarkan terutama pada pertanian ke satu industri, awalnya memanfaatkan waterpower dan kemudian mesin uap untuk pabrik listrik, dan rel kereta api dan kanal kemudian untuk mengangkut barang dan bahan. Pada awalnya, industri baru menarik tenaga kerja dari Yankees pada pertanian subsisten di dekatnya, dan kemudian diandalkan pekerja imigran dari Eropa dan Kanada.

Dalam tahun-tahun menjelang Perang Saudara, Massachusetts adalah pusat progresivisme dan aktivitas abolisionis. Horace Mann membuat sistem negara sekolah model nasional. Henry David Thoreau dan Ralph Waldo Emerson membuat kontribusi besar untuk pemikiran Amerika. Anggota dari gerakan rohaniwan, mereka menekankan pentingnya alam dan emosi untuk kemanusiaan.

Meskipun oposisi yang signifikan untuk abolitionism ada awal di Massachusetts, sehingga anti-perbudakan kerusuhan antara 1835 dan 1837, oposisi terhadap perbudakan secara bertahap meningkat dalam beberapa dekade mendatang. Karya-karya perbudakan kontribusi untuk tindakan selanjutnya negara selama Perang Saudara. Massachusetts adalah negara bagian pertama untuk merekrut, melatih, dan lengan resimen Hitam Putih dengan petugas, Infanteri Massachusetts Relawan ke-54. Robert Gould Shaw Memorial di Boston Common berisi relief yang menggambarkan resimen ke-54.

Ekonomi industri mulai menurun pada awal abad 20 dengan eksodus dari banyak perusahaan manufaktur. Dengan kompetisi 1920 dari Selatan dan Midwest, diikuti oleh Depresi Besar, menyebabkan runtuhnya tiga industri utama di Massachusetts: tekstil, sepatu, dan transportasi mekanik. Penurunan ini akan berlanjut ke paruh kedua abad. , antara tahun 1950 dan 1979, jumlah Staters Bay terlibat dalam pembuatan tekstil menurun dari 264.000 hingga 63.000. Hal ini memacu eksodus pekerjaan bergaji tinggi dari Western Massachusetts, yang sangat menderita karena de-industri selama 40 tahun terakhir. dari abad ke-20.

Di Timur Massachusetts, setelah Perang Dunia II, ekonomi berubah dari satu didasarkan pada industri berat ke dalam layanan dan teknologi tinggi ekonomi berbasis kontrak. Pemerintah, investasi swasta, dan fasilitas penelitian menyebabkan iklim industri baru dan lebih baik, dengan mengurangi pengangguran dan peningkatan pendapatan per kapita. Suburbanisasi berkembang, dan oleh 1970-an, Route 128 koridor yang dihiasi dengan teknologi tinggi perusahaan yang merekrut lulusan dari banyak institusi daerah elit pendidikan tinggi.

Keluarga Kennedy adalah menonjol di Massachusetts politik pada abad ke-20. Anak-anak dari pengusaha dan duta besar Joseph P. Kennedy Sr termasuk John F. Kennedy, yang adalah seorang senator dan presiden AS sebelum pembunuhannya pada tahun 1963, Robert F. Kennedy, yang seorang senator, jaksa agung AS dan kandidat presiden sebelum pembunuhan di 1968, Ted Kennedy, senator dari 1962 sampai kematiannya pada tahun 2009, dan Eunice Kennedy Shriver, co-pendiri Olimpiade Khusus. Senyawa Kennedy yang terkenal terletak di Hyannisport di Cape Cod.

Pada tahun 1987, negara menerima dana federal untuk Proyek Arteri / Terowongan Tengah. Umumnya dikenal sebagai "Big Dig", itu pada saat proyek jalan raya federal yang terbesar yang pernah disetujui.  Proyek ini meliputi membuat Arteri Tengah sebuah terowongan di bawah kota Boston, di samping re-routing dari beberapa jalan raya besar lainnya. Seringkali kontroversial, dengan klaim berbagai korupsi dan salah urus, dan dengan harga awal sebesar $ 2,5 milyar meningkat menjadi penghitungan akhir lebih dari $ 15 miliar, Dig Big telah tetap mengubah wajah pusat kota Boston. Ini telah terhubung daerah yang dulunya dibagi oleh jalan layang, (banyak Arteri mengangkat Tengah tua itu diganti dengan Rose Fitzgerald Kennedy Greenway) dan kondisi lalu lintas ditingkatkan sejalan sejumlah rute.

Pada tanggal 6 November 2012, hukum yang telah disahkan untuk menghilangkan hukuman negara pidana dan perdata untuk penggunaan medis ganja. Pada tahun 2008, kepemilikan ganja itu psikotropika dilegalkan untuk jumlah di bawah satu ons.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar